Header Ads Widget

Utusan Sarumaha Kembali Nahkodai HIMNI Kepri : Bukti Kepercayaan dan Kepemimpinan yang Solid

Foto : Utusan Sarumaha, S.H.  (dok/ist/Julianus)

Batam, JejakSiber.com – Utusan Sarumaha, S.H. kembali terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) periode 2024-2028 melalui Musyawarah Daerah (Musda) V HIMNI Kepri yang diselenggarakan di King's Hotel Kota Batam, Sabtu (12/10/24).

Terpilihnya kembali Utusan Sarumaha menjadi saksi dan bukti kepercayaan penuh anggota HIMNI terhadap ketangguhan, visi, dan kinerjanya dalam membawa organisasi kesukuan tersebut menuju pencapaian-pencapaian gemilang.

Dalam sambutannya, Utusan Sarumaha menyampaikan bahwa HIMNI adalah rumah besar bagi masyarakat Nias (Ono Niha) di Kepri. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah banyak membantu dan berkontribusi kepada masyarakat Nias.

"Kehadiran HIMNI Kepri sebagai wadah untuk mempersatukan masyarakat Nias di daerah ini diharapkan dapat terus membawa manfaat," kata Utusan Sarumaha.

Ketika diwawancarai awak media ini, Sarumaha mengucapkan terima kasih kepada DPP, DPC dan anggota serta masyarakat Nias Kepri yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk kembali menahkodai HIMNI Kepri. Ia menekankan pentingnya persatuan, kerja sama, dan semangat gotong royong untuk terus memperkuat tali silaturahmi serta meningkatkan peran masyarakat Nias di Kepulauan Riau.

"Saya merasa berterima kasih kepada kawan-kawan DPC juga DPP yang telah merekomendasikan nama saya sebagai calon Ketua. Dan memang ditetapkan tadi secara aklamasi karena tidak ada calon lain selain yang telah di usulkan, jadi, ya saya, menerima dengan penuh bahagia, tanggung jawab ini yang mudah-mudahan kedepan saya bisa melakukan sesuatu lebih baik lagi, lebih besar lagi untuk HIMNI dan secara khusus dalam mempersatukan masyarakat Kepri asal Nias," ucap Utusan Sarumaha.

Dibawah kepemimpinannya pada periode sebelumnya, HIMNI Kepri berhasil meluncurkan berbagai program sosial dan budaya yang mendukung pelestarian warisan budaya Nias, memperkuat identitas komunitas, serta memberikan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan. Kedepan, HIMNI Kepri akan terus aktif dalam meningkatkan peran masyarakat Nias di sektor pendidikan, ekonomi, serta partisipasi sosial dan budaya di wilayah Kepulauan Riau.

Disinggung proses pemilihannya, mantan Aggota DPRD Kota Batam Periode 2019-2024 itu mengatakan tidak ada kendala, semua berjalan dengan lancar dan merasakan adanya kekompakan dari seluruh lapisan organisasi.

"Tadi kalau untuk prosesnya itu ya, berlangsung happy ya, tidak ada gesekanlah, akhirnya berjalan lancar, berjalan dengan baik, saya merasakan bahwa kekompakan itu sangat luar biasa hari ini," pungkasnya.

Dalam mengembangkan organisasi HIMNI di Kepri, Utusan Sarumaha yang sudah dua periode menahkodai HIMNI Kepri itu juga mengakui adanya kemungkinan hal-hal yang tidak dapat dihindari, mengingat beberapa DPC dipisahkan oleh pulau-pulau dan mobilitas anggota yang cukup tinggi.

"Pertama, kendala itu dari sisi keaktifan pengurus, artinya pengurus itu banyak yang memiliki kesibukan sehingga tidak memberi kontribusi waktu kepada DPD ketika ada kegiatan, kemudian ada juga kendala terkait territorial, selain Batam, ada juga Bintan, ada Karimun, dan ada Tanjung Pinang, sehingga ini salah satu juga akan menjadi hambatan dalam rangka melakukan koordinasi walaupun secara udara komunukasi itu tetap berlangsung, tentu akan kita coba maksimalkan walaupun jaraknya jauh, tapi tidak membuat koordinasi dan komunikasi antara DPD dan DPC ini mandek, kita berharap semakin lebih intens kedepan," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Pdt. Dr. Otniel Harefa, M.Pd., M.Th., selaku Ketua Steering Committee (SC) acara Musda dan Muscab HIMNI Kepri berharap kepada pengurus yang terpilih untuk periode 2024-2028, semakin lebih baik lagi dan berperan aktif dalam organisasi.

"Ya, ketua terpilih tadi Bapak Dr. Peringatan Zebua, MA.IE., M.Th. untuk DPC Kota Batam, demikian juga di DPD adalah terpilih Bapak Utusan Sarumaha, S.H, dan ini adalah periodenya beliau yang kedua. Kita mengharapkan HMINI kedepan menjadi instrument penyatu seluruh masyarakat Nias dan juga bisa membangkitkan semangat dan berperan aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mempersatukan, tentu saja itu yang kita harapakan untuk dikerjakan oleh pengurus yang baru," kata Otniel Harefa.

Musda HIMNI Kepri kali ini dihadiri oleh perwakilan DPP HIMNI, masyarakat Nias, paguyuban dari berbagai Kabupaten dan Kota di Kepulauan Riau, serta tokoh masyarakat dan pihak pemerintah yang berjalan dengan tertib dan lancar, diiringi suasana kekeluargaan yang kental dan tarian tradisional dari Nias, yang menjadi ciri khas komunitas Nias.

Berikut susunan pengurus hasil Musda V dan Muscab IV HIMNI Kepri dan Kota Batam:

DPD HIMNI Provinsi Kepri

Ketua : Utusan Sarumaha, S.H

Sekretaris : Kristhianus Harefa

Bendahara : Adrianus Zebua

DPC HIMNI Kota Batam

Ketua : Dr. Peringatan Zebua, MA.IE., M.Th.

Sekretaris : Pdt. Dr. Otniel Harefa, M.Pd., M.Th.

Bendahara : Perubahan Nduru, S.Th.

Dengan kepemimpinan baru yang sekaligus merupakan perpanjangan kepemimpinan sebelumnya, HIMNI Kepri diharapkan terus berkembang menjadi organisasi yang semakin solid dan berdampak positif bagi masyarakat Nias, baik di Kepulauan Riau maupun secara nasional. (Julianus)

Editor : Js