Header Ads Widget

Regenarasi Kepemimpinan, HIMNI Kepri Sukses Gelar Musda V dan Muscab IV

Foto : Regenarasi Kepemimpinan, HIMNI Kepri Sukses Gelar Musda V dan Muscab IV. (dok/ist/Julianus)

Batam, JejakSiber.com - Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) dengan bangga dan sukses menggelar Musyawarah Daerah (Musda) V dan Musyawarah Cabang (Muscab) IV, Sabtu (12/10/24).

Acara yang berlangsung di King'S Hotel, Kota Batam ini menarik perhatian ratusan anggota dan tokoh masyarakat Nias dari berbagai daerah, menegaskan komitmen untuk mempererat tali persaudaraan dan kolaborasi demi kemajuan masyarakat Nias khususnya di wilayah Kepulauan Riau.

Kegiatan tersebut dihadiri langsung oleh DPP HIMNI, serta DPC HIMNI Kota Batam, DPC HIMNI Tanjung Pinang, DPC HIMNI Karimun, dan DPC HIMNI Bintan dan sembilan DPRan dari berbagai kecamatan di Kota Batam dibuka dengan penampilan tarian Fame'e afo, tarian tradisional asal Nias, yang ditampilkan oleh putra-putri Nias yang tinggal di Kota Batam. Penampilan tarian budaya Nias menunjukkan akan kelestarian budaya Nias di daerah luar khususnya di Kepulauan Nias.

Foto : Penampilan tarian budaya Nias. (dok/ist/Julianus)

Terpantau oleh awak media ini, selain dari unsur DPP HIMNI, DPC HIMNI, dan DPRan serta masyarakat Nias, turut juga hadir beberapa paguyuban, ormas dan tokoh pemerintah serta tokoh masyarakat yang ada di Kota Batam dalam mendukung dan memeriahkan Musda dan Muscab yang di selenggarakan oleh HIMNI Kepri.

Ketua Steering Committee (SC) Musda V dan Muscab IV HIMNI Kepri, Pdt. Dr. Otniel Harefa, M.Pd., M.Th. menyatakan bahwa ada tiga poin penting yang dibahas dalam Musda dan Muscab yang digelar kali ini.

"Ya, yang dibahas atau menjadi agenda kita pada hari ini, seperti biasa, membahas tentang laporan pertanggungjawaban yang dibuat oleh DPC HIMNI Kota Batam dan juga DPD HIMNI Provinsi Kepri. Kedua agenda pemilihan ketua, dan ketiga penetapan program kerja," kata Otniel Harefa.

Acara Musda dan Muscab yang berlangsung selama satu hari ini di selenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali sesuai yang tertuang dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi, dan menjadi ajang dalam regenerasi kepemimpinan HIMNI di Kepulauan Riau berjalan lancar tanpa kendala.

"Puji Tuhan tidak ada kendala dan tidak ada keberatan-keberatan dan pro-kontra, semuanya sehati sepikir dan semangat mengedepankan kebersamaan sehingga terlaksana dengan baik tanpa hambatan. Sudah terpilih semuanya, tadi dilaksanakn secara aklamasi, musyawarah mufakat," ujarnya.

Otniel Harefa yang juga merupakan Sekretaris Umum PGI wilayah Kepulaun Riau dan yang terpilih menjadi Sektetaris Jenderal (Sekjen) Dewan Pimpinan Cabang HIMNI Kota Batam untuk periode 2024-2028 itu berharap kepada pengurus yang terpilih untuk periode 2024-2028 semakin lebih baik lagi dan berperan aktif dalam organisasi.

"Ketua terpilih tadi Bapak Dr. Peringatan Zebua, MA.IE., M.Th. ini periode kedua, demikian juga di DPD adalah terpilih Bapak Utusan Sarumaha, S.H. dan juga ini adalah periodenya beliau yang kedua. Kita mengharapkan HMINI kedepan menjadi instrument penyatu seluruh masyarakat Nias dan juga bisa membangkitkan semangat dan berperan aktif untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mempersatukan, tentu saja itu yang kita harapakan untuk dikerjakan oleh pengurus yang baru," pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Peringatan Zebua juga berharap agar melalui organisasi ini masyarakat Nias semakin Bersatu dan berpikir lebih maju dalam bersama-sama membangun Kota Batam.

"Mari kita mengharumkan nama baik Nias, masyarakat Nias, bukan hanya di external kita, tetapi di internal antara suku Nias yang ada di Kota Batam, di beberapa Kabupaten yang ada di Kepri dan juga kita bermasyarakat dengan orang-orang lain, karena kita adalah masyarakat Batam yang berasal dari Nias, jadi kita berharap pada kesatuan," kata Peringatan Zebua.

Lanjut Peringatan Zebua, "Mari kita berdoa, mari kita maju bersama sebagai masyarakat Nias yang berasal dari Nias bahwa kita orang Batam, jadi jangan kita berpikir hanya sebentar disini, itu akan menguatkan kita, sebenarnya kita harus menguasai juga mengambil sesuatu di Batam demi membangun Batam ini juga," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD HIMNI Kepri, dalam sambutannya menyampaikan bahwa HIMNI adalah rumah besar bagi masyarakat Nias (Ono Niha) di Kepri. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang telah banyak membantu dan berkontribusi kepada masyarakat Nias.

"Kehadiran HIMNI Kepri sebagai wadah untuk mempersatukan masyarakat Nias di daerah ini diharapkan dapat terus membawa manfaat," ucap Utusan Sarumaha.

Utusan Sarumaha yang merupakan mantan anggota DPRD Kota Batam periode 2019-2024 itu juga turut mengucapkan terima kasih kepada jajaran DPP, DPC dan masyarakat Nias yang masih mempercayakan kepadanya untuk Kembali menahkodai HIMNI Kepri.

"Memang saya merasa terima kasih dan apresiasi kepada kawan-kawan DPC, terima kasih juga kepada kawan-kawan DPP yang telah merekomendasikan nama saya sebagai calon Ketua. Dan memang ditetapkan tadi secara aklamasi karena tidak ada calon lain selain yang telah di usulkan, jadi, ya saya, menerima dengan penuh bahagia, tanggung jawab ini yang mudah-mudahan kedepan saya bisa melakukan sesuatu lebih baik lagi, lebih besar lagi untuk HIMNI dan secara khusus dalam mempersatukan masyarakat Kepri asal Nias," katanya.

Acara ini juga menjadi momen penting untuk memberikan penghargaan kepada pengurus lama yang telah berkontribusi secara signifikan, dan menjadi momen dalam regenerasi kepimpinan untuk memajukan HIMNI secara khusus di Kepuluauan Riau.

Penutupan acara diwarnai dengan ramah-tamah dan hiburan nuansa adat Nias, mengharapkan HIMNI Kepri dan Kota Batam dapat terus berperan aktif dalam memajukan masyarakat Nias, menjalin kerja sama yang lebih erat, dan melestarikan budaya Nias di tengah tantangan zaman yang semakin kompleks. (Julianus)

Editor : Js