Header Ads Widget

Setetes Darah Anda Nyawa Bagi Sesama

Foto : Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Sorong, Arif Mujanto, S.T., M.T. saat mendonorkan darah. (dok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Seruan "Setetes Darah Anda Nyawa Bagi Sesama" inilah yang diwujudnyatakan oleh Kantor Dinas Navigasi Tipe A Kelas I Sorong untuk mengimplementasikan tema nasional Hari ulang tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI), yakni "Nusantara Baru Indonesia Maju" yang secara serentak bangsa Indonesia di belahan dunia akan memperingatinya, tepatnya pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Mewujudkan cita cita luhur kemerdekaan Indonesia dan juga kemajuan Ditjen Hubla dan memeriahkan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Sorong dengan semangat "Cerlang" menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan yaitu, aksi donor darah, aksi bersih bersih pantai, serta beberapa lomba lainnya.

Kepala Distrik Navigasi Tipe A Kelas I Sorong, Arif Mujanto, S.T., M.T. kepada awak media, Kamis (15/8/24) mengatakan, kegiatan aksi donor darah tersebut dilakukan dalam rangka mengimplementasikan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI yang nanti ditandai dengan upacara bendera 17 Agustus 2024 secara serentak di Indonesia, secara khusus di jajaran karyawan Dinas Perhubungan di Kota Sorong.

"Ada beberapa kegiatan yang kita laksanakan diantaranya, aksi donor darah, aksi bersih bersih pantai dan beberapa kegiatan lomba lainnya bekerjasama dengan pihak PMI Kabupaten Sorong," kata Arif Mujanto.

Semua kegiatan yang sudah terlaksana, kata Atif Mujanto bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dan jiwa nasionalisme, memperkokoh rasa kebangsaan, menumbuhkan rasa solidaritas sosial, meningkatkan semangat kerjasama, sportifitas, dan daya saing SDM serta menumbuhkan sikap kreativitas dan inovasi.

Sementara itu, Dr. Agus dari Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sorong, mengapresiasi baik kegiatan aksi donor darah yang diselenggarakan oleh Dinas Navigasi Tipe A Kelas I Sorong.

Dikatakan, stok darah di PMI Kabupaten Sorong saat ini nihil karena selalu dipergunakan peruntukannya ke pasien yang memerlukan donor darah seperti ibu ibu yang melahirkan selalu dibutuhkan darah dan untuk pasien lainnya.

"Kami dari PMI Kabupaten Sorong mengapresiasi kegiatan donor darah yang dilakukan Dinas Navigasi Sorong," ujar Dr. Agus.

Dr. Agus berharap dengan tema yang ada ini yaitu, "Setetes Darah Anda Nyawa Bagi Sesama", agar instansi lain juga tergugah hatinya untuk melaksanakan aksi donor darah pada momen momen tertentu seperti HUT Kantor di pemerintahan dan swasta.

"Menyumbangkan darah sangat berguna bagi kita sesama, juga terhadap pendonor darah itu sendiri, menjadi menyehatkan bagi tubuh melebihi dari kegiatan olah raga dan serupa dengan diet yang teratur," tegasnya.

Foto : Aksi donor darah. (dok/ist/Jos)

Memperingati HUT ke-79 Kemerdekaan RI ke-79, khusus aksi donor darah melibatkan seluruh pegawai navigasi dan dharma wanita serta peserta lain yang di undang untuk mencapai ratusan kantong darah dari berbagai golongan darah.

Sementara, untuk pegawai perlombaan adalah tarik tambang, lomba estafet tepung, balap bakiak serta bersih bersih pantai.

Inti dari perayaan HUT Kemerdekaan RI, Disnav Sorong dan Dharma Wanita akan melaksanakan upacara bendera 17 Agustus 2024 bertempat di halaman Kantor Navigasi Tipe A Kelas I Sorong. (Jos)

Editor : Js