Header Ads Widget

Presiden Jokowi Reshuffle Kabinet Beberapa Minggu Sebelum Masa Jabatannya Berakhir

Foto : Presiden Jokowi saat melantik tujuh pejabat baru yang mengalami reshuffle di sisa jabatannya. (dok/ist)

Jakarta, JejakSiber.com - Di sisa masa jabatannya yang tinggal 2 bulan lagi, Presiden RI, Ir. Joko Widodo (Jokowi) melakukan perombakan atau reshuffle kabinet. Selain merombak kabinet, Presiden Jokowi juga melantik sejumlah kepala lembaga baru.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dilakukan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (19/8/24).

Adapun daftar pejabat baru yang mengalami reshuffle pagi ini, sebagai berikut:

• Supratman Andi Agtas dilantik sebagai Menkumham menggantikan Yasonna Laoly.

• Bahlil Lahadalia dilantik sebagai Menteri ESDM menggantikan Arifin Tasrif.

• Rosan Roeslani dilantik sebagai Menteri Investasi menggantikan Bahlil.

• Angga Raka Prabowo dilantik sebagai Wamen Kominfo.

• Taruna Ikrar dilantik sebagai Kepala BPOM.

• Prof. Dadan Hindayana dilantik sebagai Kepala Badan Gizi.

• Hasan Nasbi dilantik sebagai Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan.

Presiden Jokowi mengambil sumpah jabatan kepada ketujuhnya untuk dilantik menjadi menteri, wakil menteri, dan kepala badan.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti oleh seluruh pejabat yang sedang dilantik.

Dalam acara pelantikan dan reshuffle tersebut, tampak hadir Menteri BUMN, Erick Thohir, Menteri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono, Menkominfo, Budi Arie Setiadi, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang, Menko PMK, Muhadjir Effendi, Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto, Mensesneg, Pratikno, Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan.

Dengan adanya reshuffle ini, diharapakan para Menteri dan Kepala Bagian yang terpilih dapat mendukung program pemerintah dan meningkatkan pelayanan pemerintahan terhadap masyarakat luas. (Red)

Editor : Js