Header Ads Widget

Mendaftar Sebagai Bapaslon Gubernur dan Wagub PBD, ARUS Diarak Ribuan Orang ke KPU

Foto : Mendaftar Sebagai Bapaslon Gubernur dan Wagub PBD, ARUS Diarak Ribuan Orang ke KPU. (dok/ist/Jos)

Sorong, JejakSiber.com - Bakal pasangan calon (bapaslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Papua Barat Daya periode 2024-2029, Abdul Faris Umlati, S.E., S.Pd., M.M. dan Dr. Ir. Petrus Kasihiw mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Papua Barat Daya, Kamis (29/8/24).

Dari pantauan media ini di Kantor Sekretatiat Partai Demokrat, sebelum menuju ke Kantor KPU untuk mendaftar, berbagai acara dilaksanakan diantaranya, menyanikan lagu tanah papua, arahan ketua tim pemenangan Addul Faris Umlati dan Petrus Kasihiw (ARUS), Zeth Kadakolo, dan di awali dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ustaz Yusuf M. Salampessy.

Setelah berdoa selesai, acara selanjutnya pemasangan mahkota cendrawasih kepada bapaslon gubernur dan wakil gubenur Papua Barat Daya, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan noken sebagai simbol anak adat.

Bapaslon gubernur dan wakil gubernur itu selanjutnya diarahkan untuk menaiki mobil yang telah dirancang dalam bentuk perahu yang siap mengarungi bahtera pilkada 2024.

Tidak hanya bapaslon gubernur dan wakil gubernur yang mendaftarkan diri ke KPU, melainkan didampingi Ketua dan Sekretaris dari 4 Partai Politik pengusung masing-masing, Partai Demokrat, Partai Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI), serta Wakil Ketua DPR Papua Barat, Jongky R. Fonataba, S.E., M.M. yang juga merupakan Sekretaris Partai Demokrat Papua Barat Daya.

Diketahui, Jongky R. Fonataba adalah anggota DPR Papua Barat Daya terpilih pada pemilihan anggota legislatif periode 2024-2029 dengan perolehan suara 5.101 suara.

Dari pantauan media ini, bapaslon gubernur dan wakil gubernur bersama istri diarak oleh ribuan pendukung dari kantor sekretariat menuju kantor KPU dengan menempuh jarak kurang lebih 3 kilometer dengan menggunakan musik tambur yang merupakan musik tradisional Papua.

Ribuan massa pendukung yang mengantar ke KPU berasal dari sejumlah komunitas suku yang ada di Provinsi Papua Barat Daya.

Sekretaris Partai Demokrat Papua Barat Daya, Jongky R. Fonataba ketika dikonfirmasi media ini mengatakan, "Usai pendaftaran akan kembali ke kantor sekretariat untuk masing-masing partai politik pendukung, memberikan sikap dukungan," katanya.

Di sekretariat ribuan warga pendukung di hibur oleh artis lokal serta diwarnai dengan berbagai hadiah doorprize. (Jos)

Editor : Js