Header Ads Widget

Danlantamal IV Dukung Penuh Latihan Patkor Indonesia dan Singapura

Foto : Danlantamal IV Dukung Penuh Latihan Patkor Indonesia dan Singapura. (dok/ist)

Batam, JejakSiber.com - Komandan Lantamal IV, Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto hadiri acara penutupan dan pembukaan Patroli Terkoordinasi (PATKOR) antara Indonesia dan Singapura (Indosin) bertempat di Mako Lantamal IV, Kota Tanjungpinang, Kepri, Rabu (3/7/24).

Penutupan PATKOR INDOSIN 2023 dan Pembukaan PATKOR INDOSIN 2024 dieresmikan langsung oleh Pangkoarmada I, Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono Hadi, M.Tr.(Han)., M.Tr.Opsla.,

Turut hadir dalam acara tersebut Komandan Guskamla Koarmada I, Komandan Marsec Command, Komandan Security Group, dan delegasi Angkatan Laut Singapura serta peserta PATKOR INDOSIN.

Panglima Koarmada I dalam amanatnya menyampaikan PATKOR INDOSIN merupakan bentuk kerjasama bilateral antara Angkatan Laut Indonesia dan Angkatan Laut Singapura.

"Kerjasama ini merupakan upaya dalam mengatasi segala permasalahan kemanaan maritim secara komprehensif," ujar Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono.

Pangkoarmada I mengatakan keamanan maritim merupakan hal yang sangat penting baik dalam aspek regional maupun global.

"Indo Pacific contohnya, adalah merupakan pusat bisnis dan ekonomi yang menyebabkan wilayah Asia Tenggara menjadi wilayah yang strategis dan rentan terutama pada area perbatasan," kata Panglima Koarmada I.

Laksamana Muda TNI Dr. Yoos Suryono juga berharap, Patkor Indosin menjadi upaya yang baik untuk membangun hubungan antar Indonesia dan Singapura untuk dapat banyak memperoleh manfaat dan pengalaman. Tidak hanya berdasarkan rasa persaudaraan dan solidaritas tetapi juga kemanusiaan dan profesionalisme.

Komandan Lantamal IV yang merupakan tuan rumah tempat terselenggaranya Patkor Indosin itu juga mengungkapan, akan mendukung penuh kegiatan ini dengan maksimal.

"Sehingga pelaksanaan Patkor Indosin bisa berjalan sesuai dengan harapan masing-masing kedua Negara," ucap Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto. (Jul)

Editor : Js